Tarif Parkir Mencekik! Harusnya Bisa Obati Devisit

326
0

Bekasi – Jumat (8/2), Bpk T. Parlindungan, salah seorang warga yang sekaligus pengamat kebijakan kepemerintahan Daerah Kota Bekasi mengungkapkan, kalau biaya parkir di Apartemen Mutiara, Jl. Ahmad Yani, Pekayonjaya, Bekasi Selatan mencekik leher.

“Bayangkan saja, parkir mobil dari jam 13.29 sampai 16.51 dikenain biaya Rp16.000. Apakah hal ini tidak mecekik leher? Pertanyaannya, apakah perparkiran di Apartemen Mutiara yang saya belum tau PT apa yang mengelola memberikan retribusi buat Pemda?” ujar T. Parlindungan.

T. Parlindungan menjelaskan, dalam Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 03 Tahun 2010 tentang Pajak Parkir menerangkan, bahwa tarif pajak parkir ditetapkan sebesar 25% (dua puluh lima persen) dari omset, untuk tempat penitipan kendaraan bermotor sebesar 15% (lima belas persen) dari omset dan untuk jasa vallet atau jasa sejenisnya tarif pajak ditetapkan sebesar 25% (dua puluh lima persen) dari omset.

“Jika adanya sumbangsih tarif parkir khususnya dari Apartemen Mutiara untuk pemasukan kas daerah, setidaknya beban defisit Kota Bekasi sedikit banyak tertutupi. Bayangkan, kalau ibarat penyakit, defisit yang terjadi di Kota Bekasi itu sudah masuk stadium 4 atau sudah akut. Kurang lebih Rp 950 milyar nominal defisit Kota Bekasi, hampir 1 triliun. Eh, ini malah Walikotanya asik-asik ngebondong beberapa SKPD pelisiran ke Negara Tokyo, Jepang,” cetusnya.

Seharusnya sikap Walikota Bekasi lebih bijak dalam menangani permasalahan di Kota Bekasi dan menyelesaikan sedikit demi sedikit permasalahan Kota Bekasi sehingga terselsaikan semua permasalahan yang ada.

Di sisi lain, guna dimintain keterangan menyikapi perihal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana saat dikonfirmasi lewat telepon, ” Saya belum mengecek ke lokasi langsung apakah hal tersebut betul adanya, dan seberapa besar tarif di apartmen itu? Memang sudah ada penetapan Perwal Kota Bekasi terbaru tahun 2019 yang mengatur tentang parkir mall atupun apartement”, tegas Kadishub Kota Bekasi kepada tim media Cyber 88, Sabtu (9/2). (DMP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here