Subdenpom IV/1-3 Tegal Periksa Kenderaan Dinas/Pribadi Prajurit Petarung

230
0

Tegal, warungnusantara88.com – Prajurit Petarung Padmakusuma mengelar seluruh kendaran dinas dan kendaraan pribadinya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat di Mako Yonif 407/PK. Hal ini dilaksanakan guna untuk pemeriksaan administrasi yang dilaksanakan oleh Subdenpom IV/1-3 Tegal, Kamis (21/02).

Kegiatan pemeriksaan administrasi kelengkapan pribadi maupun kendaraan yang dilaksanakan oleh Subdenpom IV/1-3 Tegal adalah dalam rangka Operasi Gaktib Polisi Militer “Waspada Wira Keris I” 2019. Dalam kegiatan ini, anggota Subdenpom IV/1-3 Tegal dipimpin langsung oleh Kapten Cpm Heriyanto.

Dalam apel pengecekan, Dansubdenpom IV/1-3 Tegal Kapten Cpm Heriyanto menyampaikan bahwa kegiatan Ops Gaktib dalam satuan Yonif 407/PK ini merupakan tindakan preventif (pencegahan), tujuannya tidak lain adalah untuk mengecek kelengkapan surat-surat perorangan dan kendaraan dinas dan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

“Bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan Ops Gaktib dilaksanakan dua tahapan masing-masing sosialisasi sebagai upaya preventif (pencegahan) dan penindakan atas pelanggaran yang ditemukan dilapangan pada saat kegiatan Ops Gaktib dilapangan,” pungkasnya.

Selanjutnya, kegiatan pemeriksaan dibantu oleh anggota staf 1/Intel beserta anggota Provost Yonif 407/PK. Adapun sasaran pemeriksaan tersebut meliputi kelengkapan administrasi pribadi dan surat-surat kendaraan baik SIM, STNK maupun BPKB. Selain pemeriksaan administrasi, pemeriksaan ini juga meliputi fisik kendaraan antara lain pemakaian helm berstandar SNI, perlengkapan standar kendaraan seperti lampu sein, spion, lampu rem dan knalpot.

Dari pemeriksaan tersebut, Pasi Intel Yonif 407/PK Lettu Inf Riki Martein menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan pada kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi tidak ditemukan pelanggaran baik yang bersifat ringan maupun berat. Sedangkan untuk kelengkapan administrasi pribadi dan (surat-surat) kendaraan baik kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi secara keseluruhan sudah lengkap.

“Yang perlu dipahami oleh seluruh anggota Yonif 407/PK adalah bahwa pemeriksaan ini bukan untuk mencari kesalahan dan kekurangan anggota, akan tetapi untuk mengingatkan akan pentingnya kelengkapan administrasi kendaraan, sehingga dapat mencegah terjadinya suatu pelanggaran,” tegasnya.(Erizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here