Prajurit Petarung Digempur Seni Kuliner

315
0

Tegal, warungnusantara88.com – Selain berprofesi sebagai prajurit yang jago dalam bertempur, kali ini Prajurit Petarung Padmakusuma Yonif 407/PK dituntut untuk menunjukkan kebolehannya dalam lomba memasak nasi goreng dalam rangka acara “Master Chef Padmakusuma” yang digelar di Lapangan Tenis Yonif 407/PK, Jumat (15/02).

Acara lomba memasak yang digagas Danyonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han) ini secara keseluruhan dikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari seluruh Komandan Kompi Yonif 407/PK dan Perwira Seksi Yonif 407/PK yang juga didampingi oleh istri sebagai pasangannya dalam lomba.

Jauh berbeda dengan hari-hari biasanya, para peserta harus pergi berbelanja sendiri bahan-bahan untuk memasak nasi goreng di Pasar Tradisional Trayeman Slawi yang berjarak 2 Km dari Asmil Yoniuf 407/PK. Selanjutnya, tampak wajah serius diperlihatkan oleh para peserta lomba saat berada dibelakang kompor, penggorengan, bumbu-bumbu dapur dan pisau pada pelaksanaan lomba memasak.

Masing-masing peserta lomba menunjukkan kebolehannya dalam memasak nasi goreng. Para peserta lomba harus dapat bekerjasama dengan pasangannnya, karena alokasi waktu yang diberikan oleh panitia hanyalah 30 menit dari awal memasak hingga penyajian dalam piring di atas meja. Meskipun demikian para prajurit tetap menunjukkan kemampuannya dalam memasak dan harus sering bertanya pada pasangannya tentang bumbu-bumbu apa yang dipergunakan.

Usai memasak, para peserta menyajikan nasi gorengnya di meja masing-masing yang sudah disiapkan panitia. Selanjutnya Komandan Yonif 407/PK dan Ketua Persit Kartika Candra Kirana Ranting 4 Yonif 407 Ny. Dewi Enrico selaku Juri dalam lomba memeriksa dan mencicipi satu persatu nasi goreng hasil masakan para peserta.

Kriteria penilaian dilihat dari proses memasak, kekompakan tim, higinitas bahan-bahan yang digunakan, estetika penyajian, kebersihan area masak dan cita rasa hasil masakan. Setelah melewati proses penilaian dari Juri, akhirnya terpilih 3 pemenang lomba yaitu Dankipan B Yonif 407/PK Lettu Inf Hendra Sastra sebagai juara 1, Dankipan A Yonif 407/PK Lettu Inf Suprapto mendapat juara 2 dan juara ketiga diraih oleh Perwira Seksi 4/Log Yonif 407/PK Lettu Inf M. Naim.

Selanjutnya para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang diserahkan langsung oleh Komandan Yonif 407/PK dan Ketua Persit Kartika Candra Kirana Ranting 4 Yonif 407 Ny. Dewi Enrico.

“Kegitan lomba ini tidak lain bertujuan untuk menjaga serta meningkatkan keharmonisan keluarga anggota Yonif 407/PK. Dengan kegiatan seperti ini akan memberikan pemahaman kepada prajurit Yonif 407/PK bahwa tugas Istri dirumah juga tidak kalah hebatnya,” ungkap Danyonif 407/PK.

“Dengan demikian diharapkan untuk meningkatkan rasa saling menghargai dan menghormati antara peran suami istri di lingkup keluarga Yonif 407/PK,” begitu pungkasnya.

Pasi 1/Intel Lettu Inf Riki Martein yang juga menjadi peserta lomba memasak menyampaikan bahwa ternyata memasak tidaklah mudah karna butuh racikan dan takaran bumbu yang tepat untuk menciptakan cita rasa yang enak dan nikmat.

“Lomba memasak ini juga mengajarkan para kaum pria untuk menghargai masakan dari Istri, yang mana dalam memasak itu butuh waktu, keterampilan dan proses yang tidak mudah,” begitu ungkapnya.(Erizal)

Sumber : Kopda Giyat, Pen Yonif 407/PK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here