Polisi Amankan Truk Berisi 4,5 Ton Beras bantuan bencana alam Pijay.

295
0

WARUNGNUSANTARA88.com – Meureudu (wn 88 unit 20 aceh) | Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Meureudu, Pidie Jaya, berhasil menangkap satu unit truk cold berisi 4,5 ton beras bencana, yang disimpan pada Gudang Logistik BPBD Pijay. 

Kapolsek Meureudu, AKP Aditia Kusuma SIK, kepada wn 88 humas mabes polri menyebutkan Senin (22-1-2018) dalam ruang kerjanya mengatakan, sebelum dilakukan penangkapan, pihaknya telah duluan menerima laporan informasi dari masyarakat yang bahwa ada indikasi melakukan pengendapan di gudang logistik kantor BPBD Pemerintah kabupaten Pidie Jaya. atas laporan informasi itu, kemudian pihak polisi bergegas menelusurinya hingga melakukan penangkapan di Bandar Dua, persisnya  di perbatasan Pidie Jaya, pada Jum’at (19-1-2018), sekira pukul 22.00 Wib.

Lebih lanjut, Aditia Kusuma mengatakan, dalam rangka penyelidikan dugaan penyalahgunaan beras bencana tersebut, maka berangkat dari laporan informasi itu Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Meureudu terjun ke lokasi. Dan ternyata benar, selang berapa lama dari dalam gudang logistik tersebut keluar 1 unit Truck merk Mitsubishi Colt Diesel dengan nomor polisi BL 8945 Z, berisi beras sebanyak 4, 5 ton. 

kemudian Unit Reskrim Polsek Meureudu melakukan pembuntutan terhadap Truck tersebut, karena truck tersebut tampak menunjukkan gelagat mencurigakan dimana truck tersebut semakin melaju hingga perbatasan kabupaten Pidie Jaya dengan Kab. Bireun yang merupakan bukan area distribusi Logistik oleh BPBD setempat. 

Oleh karenanya, Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Meureudu akhirnya menghentikan laju Truck tersebut dan meminta dokumen/surat-surat terkait aktifitas dimaksud kepada sopir truk,dengan inisial M (30), warga Gampong Pante Reng Kecamatan Samalanga,Kabupaten Bireun. 

Namun karena sopir truk tersebut tidak dapat menunjukkan dokumen ataupun surat-surat atas aktifitas dimaksud, akhirnya truck beserta sopir diamankan di Mapolsek Meureudu guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut akan adanya dugaan penyalahgunaan pengelolaan sumber logistik BPBD Pijay. sebagaimana dimaksud pasal 78 Jo pasal 65 UU RI Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Saat ini barang bukti telah diamankan meliputi 1 unit Truck merk Mitsubishi Colt Diesel berisi 4,5 Ton, dan KTP (Kartu Tanda Penduduk ) atas nama sopir Truck. dan akan dilakukan pengembangan lebih lanjut terkait kasus ini. Wn 88 unit 20 aceh .(hasbi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here