Pengusaha SPBU Pilang Probolinggo Diduga Langgar Undang-Undang Migas

440
0

Probolinggo – Kamis (10/1), ditemukan adanya pembelian BBM jenis premium dengan sekala besar hingga sampai 1000 liter dengan menggunakan mobil bernopol N-9964-YD telah membeli BBM jenis premium.

Saat dikonfirmasi oleh pengusaha yang enggan disebutkan namanya menjelaskan, “Kami membeli BBM tersebut dari SPBU untuk dijual kembali dan itu dilakukan setiap hari.”

Setelah dimintai keterangan, bahwa mereka membeli BBM jenis premium membawa surat yang dikeluarkan dari SKPD atau perangkat desa. Setelah diamati, pembeli tersebut bukan warga setempat, tetapi mereka berasal dari luar Probolinggo.

Ternyata hal ini sudah bukan rahasia lagi. Setiap malam, mobil L300 jenis pick up mangkal untuk mengambil BBM dengan skala besar dan dijadikan ajang oleh oknum sebagai ATM  berjalan.

Saat dikonfirmasi oleh Tim Cyber88, Didik selaku pemilik SPBU pilang Probolinggo bersikukuh, “Ini BBM non subsidi dan berapa banyak masyarakat beli tetap saya layani, walaupun di luar daerah. Saya sudah diberi pengarahan oleh pihak  Pertamina,” ungkapnya.

Akhirnya muncul oknum anggota yang mengaku dari Babinsa berinisial AD mengaku, “Pak Didik ini sama juga orang seperti orang tuaku. Saat ini saya yg berbisnis dan kesalahan saya apa, tolong jelaskan mas,” ungkapnya.

Dari kejadian ini, sesuai Undang-Undang dan aturan pemerintah bahwa TNI dan Polri dilarang menjalankan bisnis, apalagi bisnis tersebut bertentangan dengan aturan Perundangan-Undangan.

Saat dikonfirmasi oleh pihak Patra, “BBM jenis premium tersebut ada yang bersubsidi dan yang tidak bersubsidi. Tetapi kalau beli dari SPBU, sudah jelas subsidi. Ya jelas melanggar, pak,” ujarnya.

Drum yang digunakan untuk menampung BBM yang diduga bersubsidi.doc

Dari kejadian itu, Pemilik SPBU diduga melanggar aturan Pertamina, dan pengusaha diduga melanggar Undang-Undang Migas sesuai Pasal 53 dan Pasal 55 tentang Penimbunan BBM diduga bersubsidi dan pengusaha tidak memiliki izin usaha, hanya surat dari desa di luar Probolinggo. akankah Kapolresta Probolinggo, Jawa timur, mampu menyeret Pelaku tersebut? (Sanusi-Jatim)

Mobil yang digunakan untuk mengangkut puluhan drum yang diduga berisi BBM subsidi skala besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here