Donasi Masa Pemulihan Pasca-Musibah Angin Puting Beliung Rancaekek

383
0
H. Agus Darmawan saat memberikan donasi di Posko Bantuan.doc

Pasca Kunjungan 15 Januari lalu ke Posko Utama Logistik dan Posko Kedua Kesehatan Rancaekek Permai 2, kami mengunjungi kembali Rancaekek sebagai upaya evaluasi Pasca angin puting beliung.

Memasuki tahap pemulihan Pasca peristiwa angin puting beliung ini, WN88 Humas Mabes Polri Sub Unit 02 Bandung Raya yang diwakili H. Agus Darmawan, S.St.Par. yang kerap disapa H. Dhanu, Senin (21/1) kembali memberikan donasinya berupa mie instant, minuman dingin, susu, makanan ringan, dan lainnya pada posko Utama 1 Rancaekek, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Sambutan serah terima bantuan ini diterima langsung oleh tim Posko Utama yang diwakili oleh Ibu Neneng Ratningsih bersama tim relawan posko tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh untuk sejauh ini, 58 rumah terdampak di Papanggungan RW 06; 42 rumah Unggar Jati RW 14; 564 rumah di Perum Rancaekek Permai 2 RW 23; 53 Rumah terdampak di Desa Bojongloa; dan 21 rumah terdampak di Kelurahan Kencana.

Jumlah seluruh rumah terdampak (hasil kaji cepat) sejumlah 738 rumah di seluruh kecamatan Rancaekek yang terdampak angin puting beliung, dan sampai saat ini proses pembenahan di beberapa lini daerah sudah memasuki 50%.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Menurut Hendri, warga Rancaekek Permai, hanya ada korban luka parah dan ringan yang sudah mendapatkan penanganan medis.

Berdasarkan beberapa narasumber, hanya sarana bangunan bagian atas yang dinilai rusak parah.

Pada sesi tahap awal, bantuan difokuskan pada kebutuhan terpal sebagai pengganti atap sementara, selain logistik utama, tetapi berlanjut pada sesi kedua, bantuan lebih ke
yang ringan semacam sembako atau makanan tambahan sepanjang mereka menunggu perbaikan rumahnya selesai.

“Kami akan terus memonitor apa yang telah kami kerjakan selama ini. Tidak halnya hanya sekali, tapi kami akan pula terus menggali sejauh mana apa yang telah kami kerjakan mau di sektor sosial, pariwisata, bahkan budaya,” tutur H. Agus Darmawan, S.St.Par. selaku Kabid Sosbudpar WN88 Humas Mabes Polri Sub Unit 02 Bandung Raya. (DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here