Berbuat Baiklah Kepada Sesama

550
1

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula” (55:60)

Kita sebagai manusia harus berbuat baik terhadap sesama manusia, nah kita berbuat baik untuk siapa ? firman Allah SWT dalam surat Al-jatsiyah : 15 yang artinya :

“barangsiapa yang mengerjakan amal shaleh, maka itu adalah untuk diinya sendiri, dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, maka itu akan menimpa dirinya sendiri, kemudian kepada Allah lah kamu kembali”. (45:15)

Dalam ayat tersebut Allah menyebutkan bahwa kita melakukan suatu kebaikan untuk diri kita sendiri, kemudian bagaimana dengan balasan kebaikan yang kita lakukan ? . dalam surat Ar-rahman : 60 Allah SWT berfirman yang artinya :

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula” (55:60)

Allah pasti akan membalas kebaikan yang telah kita lakukan karena sudah jelas dalam ayat tersebut. Untuk itu marilah kita berbuat baik terhadap sesama, berbuat baik seperti apa ? firman Allah dalam Al-qur’an surat Al-Isra’ : 84 yang artinya :

“Katakanlah : Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing”. maka Rabbmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.” (17:84)

Berbuat baik sesuai dengan kemampuan kita tidak perlu memaksakan, namun kita harus menolong dengan cara yang benar, salah satunya kita harus menolong dengan ikhlas tanpa ada maksud tertentu sepeti memberi kapada orang lain dan mengaharapkan sesuatu yang lebih banyak dari apa yang diberikan, firman Allah SWT dalam surat Al-Mudatsir : 6 yang artinya :

“Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak”. (74:6)

Salah satu hikmah yang diberikan Allah kepada orang yang berbuat baik yaitu ditanamkan dalam hatinya rasa kasih sayang, Allah SWT berfirman dalam yang artinya :

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang”. (19:96)

Adapun urutan berbuat baik dalam Al-qur’an :

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersukutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri”. (4:36)

Wallahu’a’lam…… kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari saya sebagai makhluk.

“Sedekah dan berbuat baik adalah kunci sukses”

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here